Rabu, 18 April 2012

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

Do you like this post?

Sejarah Jaringan Komputer – Secara Global jaringan computer di mulai pada tahun 1969.Pada saat itu DepHAn Amerika Membentuk DARPA ( Defense Adsvanced Research Projects Agency ),yang bertujuan mangadakan sebuah riset “cara menghubungkan beberapa computer,agar dapat membentuk suatu jaringan yang saling terhubung”.Program riset tersebut dikenal dengan sebutan ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ).
Sejarah Jaringan Komputer Sejarah Jaringan Komputer
  • Pada tahun 1970,lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan dan membentuk sebuah jaringan.
  • Pada tahun 1972,Roy Tamlinson berhasil menyempurnakan program email yang diciptakan setahun sebelumnya untuk riset ARPANET.Di tahun yang sama ,icon ( @ ) diperkenalkan sebagai lambing yang menunjukan “at” atau “pada” .
  • Tahun 1973,jaringan computer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai keluar Amerika Serikat.Sedang computer di luar Amerika yang pertama menjadi anggota jaringan ARPANET ,adalah computer diUniversity College di London.Ditahun itu juga bertempat di Sussex University,untuk pertama kalinya Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan luar biasa yang menjadi cikal bakal terbentuknya International Network.
  • Pada tangal 26 Maret 1976,Ratu Inggris berhasil mengirim sebuah email dari Royal Signal and Radar Establishment di Malvern.Setahun kemudian,lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam system ARPANET dan membentuk sebuah jaringan..
  • Ditahun 1979,Tom Truscott,Jim Ellis dan Steve Bellovinmenciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET( User Network ).
  • Pada tahun 1981,France Telecom menciptakan gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televise pertama di dunia.Orang-orang dapat menelepon sambil berinteraksi menggunakan video link.
  • Tahun 1982,dibentuklah sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ),saat ini sering dikenal denganInternet Protokol ( IP ).Terbentuknya komisi tersebut dikarenakan, makin bertambahnya computer yang membentuk jaringan.Oleh sebab itu,perlu adanya protocol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.
  • Di daratan Eropa muncul juga sebuah jaringan computer yang dikenal dengan Europa Network ( Eunet ),yang menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.Jaringan ini meliputi wilayah Belanda,Inggris,Denmark dan Swedia.
  • Pada tahun 1984 di perkenalkan system dengan nama domain yang lebih dikenal dengan Domain Name Server ( DNS ) ,ini bertujuan agar dapat menyeragamkan alamat jaringan yang sudah .Dengan system DNS,computer yang tersambung jaringan dapat melebihi 1.000 komputer.
  • Pada tahun 1987 diperkirakan computer yang tersambung kejaringan tersebut menjadi lebih dari 10.000 komputer.luar biasa bukan?10 kali lipat….
  • Di tahun 1988,seorang kebangsaan Finlandia bernamaJarkko Oikarinen memperkenalkan Internet Relay Chat ( IRC ). Fasilitas ini memungkinkan pengguna computer dapat melakukan obrolan (chating) dengan cara mengirimkan saling mengirimkan pesan.Setahun kemudian,jumlah computer yang saling terhubung meningkat menjadi 10 kali lipat,100.000 komputer telah membentuk jaringan.
  • Pada tahun 1990,merupakan tahun yang bersejarah.Ketika tim Berners Lee merancang sebuah program editor dan browser dapat digunakan untuk menjelajahi computer yang satu dengan yang lainya yang membentuk jaringan.Program inilah yang disebut www atau world wide web.
  • Tahun 1992,lebih dari 1 juta computer sudah saling terhubung dalam jaringan.Ditahun itu juga muncul istilah surfing,aktifitas memjelajah dari satu computer ke computer lain.
  • Tahun 1994,lebih dari 3000 alamat halaman situs telah tumbuh subur di dunia maya.Dan untuk pertama kalinyavirtual shopping atau e-retail muncul di berbagai situs
  • David Filo dan Jerry Yang meluncurkan search engine pertama bernama YAHOO! Pada bulan april 1994.Netscape Navigator 1.0 di luncurkan di penghujung tahun 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar