Kamis, 19 April 2012

4 Sehat 5 Sempurna untuk Kenalkan Internet ke Anak

Do you like this post?

Internet sehat
Teknologi internet memungkinkan manusia untuk selalu terhubung dengan dunia luar, tanpa batas ruang dan waktu. Pengguna internet pun bukan lagi dimonopoli oleh orang-orang dewasa dan remaja saja, tetapi telah merambah pada kelompok usia anak-anak.  Kelompok pengguna terakhir ini notabene masih sangat rentan terhadap hal-hal negatif yang mereka serap.
Fakta ini menghadapkan orang tua pada dua tantangan sekaligus, yaitu mengenalkan internet kepada anak, dan memastikan bahwa internet bisa jadi “teman baik” buat anak-anak. Tantangan ini makin terasa berat buat orang tua yang sibuk berkarir di luar rumah, karena intensitas pengawasan terhadap anak jadi lebih terbatas.

Untuk memudahkan para orang tua dalam menghadapi tantangan tersebut, berikut adalah 4 (langkah) Sehat 5 Sempurna menciptakan Internet Sehat di rumah:
1. Jadilah orang tua yang melek internet
Perlindungan terbaik terhadap bahaya internet adalah dengan menjadikan diri anda sebagai orang yang melek informasi. Cari dan pahami tentang dasar-dasar internet, bisa melalui artikel, buku atau jika perlu bergabung dalam kelas atau mailing list sehingga anda dapat bertukar pikiran dan pengalaman dengan orang lain. Anda tidak harus menjadi seorang ahli internet untuk bisa membimbing dan mengawasi anak-anak, tapi usahakan bahwa anda adalah yang lebih dulu tahu dan lebih banyak tahu tentang internet daripada anak-anak anda.
2. Membangun komunikasi dengan anak
Bangunlah komunikasi yang terbuka dengan anak-anak anda, tentang manfaat yang bisa didapat dan bahaya yang mungkin timbul dari internet. Coba ikuti dan beri dukungan terhadap kegemaran mereka saat on line, situs dan game on line favorit mereka serta hal-hal menarik lainnya yang bermanfaat dan sering mereka akses di internet.
3. Buat aturan main
Ada baiknya anda membuat aturan main yang bisa dijadikan pedoman bagi anak-anak saat mereka berinternet, jadikan sebagai catatan khusus dan letakkan di dekat komputer agar anak-anak selalu ingat. Pastikan bahwa anak-anak anda paham untuk tidak sekali-kali memberikan informasi pribadi di internet. Buatlah mereka untuk selalu memberi tahu anda hal-hal yang membuat tidak nyaman dan mengganggu mereka saat berinternet. Ini dilakukan untuk mencegah mereka dari kemungkinan bahaya kejahatan cyber.
4. Gunakan parental software security
Saat ini banyak sekali software yang bisa mengontrol akses dan aktivitas anak-anak saat berinternet. Software tersebut punya kemampuan untuk memblokir situs-situs yang tidak layak untuk anak-anak, membatasi waktu berinternet, dan memantau layanan messenger dan aktivitas chatting mereka.
5. Jadikan internet sebagai bagian dari keluarga anda
Dengan menerapkan aturan main dan sistem keamanan pada komputer di rumah, anda dapat mendorong keluarga untuk memperoleh semua manfaat yang ditawarkan internet. Dukung selalu minat anak-anak dalam berinternet dan selalu terlibat secara on line bersama mereka.
Semoga tips di atas bisa membuat para orang tua untuk bisa mengenalkan internet secara sehat kepada anak-anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar